02 April 2019 12:09:48
Ditulis oleh admin

Menilik Potensi Pesona Alam Desa Banyuurip

Senori-Banyuurip, Keindahan alam di Tuban tidak hanya di pantai saja karena Tuban terletak di jalur Pantura. Apalagi Tuban terkenal dengan berbagai wisata pantai yang berada di sepanjang jalur pantura tersebut. 

Adalah Desa Banyuurip, sebuah desa yang terletak di ujung selatan Kecamatan Senori Kabupaten Tuban . Walaupun desa ini tidak begitu luas jika dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Senori, Desa Banyuurip ini memiliki Potensi pesona alam dan sejarah yang indah. 

Berjarak sekitar 56 Kilometer, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Tuban untuk menuju Desa Banyuurip. Di sepanjang jalan menuju desa ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan hamparan padi nan-hijau menyejukkan mata.

Apa yang membuat Banyuurip spesial? Desa Banyuurip memiliki kondisi geografis yang terletak di perbukitan. Sepanjang jalan poros Desa Banyuurip dipenuhi pepohonan kelapa yang hijau. Sampai di atas bukit, tepatnya di pusat Desa Banyuurip akan ditemukan sebuah bangunan Menara yaitu Menara Rukyatul Hilal. Dari atas menara ini, pengunjung akan dapat melihat lebih luas keindahan alam di sekitar Desa Banyuurip.

Dalam hal sejarah, banyuurip juga memiliki cerita yang tak kalah indahnya. Saat berkunjung ke Desa Banyuurip, pengunjung akan disuguhi bangunan rumah tua peninggalan zaman Belanda yang masih berdiri kokoh diatas perbukitan. Rumah tua ini sering dijuluki "Loji Klunthung" oleh masyarakat setempat. Tidak hanya itu saja, ada juga Goa Jepang di depan Kantor PT.Pertamina EP, yang di dulunya di duga sebagai tempat penyimpanan senjata oleh pasukan Jepang. 

Tidak hanya itu saja, Banyuurip juga dikenal sebagai kota minyak karena keberadaan PT.Pertamina EP dan banyaknya sumur tua di wilayah Desa Banyuurip.

Sepanjang perjalanan melewati Desa Banyuurip, akan banyak ditemukan sumur tua atau pompa angguk yang tak jarang digunakan sebagai obyek untuk berfoto oleh para pelancong yang kebetulan melewati Desa ini.

Selain itu, masyarakat Desa Banyuurip juga mengelola sumur tua bekas milik PT.Pertamina yang dikelola sendiri oleh warga masyarakat secara tradisional. Jika ingin melihat aktivitas para penambang minyak ini, anda bisa mengunjungi Desa Banyuurip untuk melihat proses penambangan minyak secara tradisional.

Sayangnya, banyaknya potensi yang dimiliki Desa Banyuurip ini belum tereksplorasi, sehingga banyak yang belum tahu tentang potensi keindahan alam maupun sejarah yang dimiliki oleh Desa ini. Semoga suatu saat semua potensi yang ada di desa ini bisa dikembangan untuk menjadi daya tarik wisata, sehingga Banyuurip menjadi salah satu Desa Wisata di Kabupaten Tuban.

 


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus